Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CERPEN

 Cinta Abadi di Hati Kedua

Derasnya hujan disore itu seolah-olah memahami perasaan Ebie . ebie adalah seorang gadis berumur 17 tahun yang hidup dengan penyakit ganas ditubuhnya “KANKER OTAK” itulah penyakit yang divonis dokter kepada Ebie. Sejak umur 15 tahun Ebie sudah mulai merasakan sakit yang tidak biasa dikepalanya. Sampai saatnya tiba ia divonis mengidap penyakit ganas itu . ebie pun mulai menjalani hidupnya dengan terapi-terapi yang harus membuatnya kehilangan mahkota yang sangat disayangi wanita (rambut).
  
Kini, hari-hari ebie dijalani dengan menggunakan jilbab yang mampu menutupi kebotakannya. Orang tua ebie selalu memberikan semangat kepada ebie agar tetap bertahan walaupun penyakit yang dideritanya sangat parah. Sampai saatnya tiba ebie tamat dari Sekolahh Menengah Atas ( SMA) dan melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi yaitu kuliah. Ebie memilih ilmu kedokteran untuk ia dalami , ia memilih universitas yang terkemuka di kotanya , alasan ebie memilih ilmu kedokteran karena ia ingin memberi semangat kepada setiap pasien yang datang kepadanya dan terutama menyembuhkannya.

1 tahun menjalani masa kuliah , ebie mulai menyukai seseorang yang sering memperhatikannya . laki-laki itu benama Reno , bertubuh tinggi, kulit sawo matang dan rajin ibadah . yaaaa !!! lelaki seperti itulah yang diinginkan ebie untk menjadi pendampingnya nanti . sampai suatu hari Reno menyatakan perasaannya kepada ebie, dengan wajah yang masih tidak menyangka hal itu terjadi , tanpa disadari bibir ebie bergerak seolah-olah akan mengtakan sesuatu , dan ternyata benar , ebie mengatkan sesuatu diluar batas sadarnya “aku juga suka kmu reno” ,, dengan wajah gembira reno pun berteriak ,, yeeeeeeee,... !!!! lalu memeluk ebie. Hari itu adalah hari yang paling bahagia buat ebie selama ia mengetahui penyakitnya..

Siang itu kuliah pulang lebih awal , ebie dan reno memutuskan untuk jalan-jalan kesuatu tempat yang romantis, reno pun mengajak ebie ke suatu danau yang dikira reno adalah tempat yang indah dan romantis. Dipinggir danau mereka makan jagung bakar dan minum es kelapa muda., mereka bercanda gurau , tertawa bersama , bahkan reno sempat untuk mengejar ebie . ketika mereka mulai lelah , ebie dan reno pun memtuskan untuk beristirahat sambil melanjutkan makan dan minum mereka. Ketika mereka sedang asyik berbincang-bincang . tiba-tiba ebie merasakan sakit yang luar biasa dikepalanya, hingga membuat ebie pingsan di samping reno, sontak reno terkejut dan membawa dengan gegas ebie ke rumah sakit terdekat .  

Setelah dokter berusaha untuk membuat ebie sadar, akhirnya ebie sadar dan kebingungan , kenpa ia bisa berada di RS , reno bingung kenapa ebie tidak mengingat apa pun . karena reno takut kalau ia memaksa ebie untuk mengingatnya , ebie akan kebingungan dan merasakan sakit lagi . dokter pun memperbolehkan ebie untuk pulang kerumah . dijalan pulang reno hanya diam memandang ebie , bingung sekaligus berfikir apa yang sebenarnya di tutupi ebie dari dirinya ????

Sesampauinya dirumah ebie , reno mengantarkan ebie sampai didepan pintu masuk , sebelum ebie masuk reno mengatkan sesuatu “ebiee ?? “ kata reno , “iyaa “ kata ebie,,, “aku sayang kamu “ ucap reno , sambil tersenyum ebie menjawab “aku juga sayang kamu “ . setelah menddengar kalimat itu reno pun pulang dengan senyuman manis di wajahnya .

Sesampainya dirumah , reno memtuskan untuk tidak mengingat kejadian yang terjadi pada hari ini . karena sesampainya dirumah sudah malam, reno memutuskan untuk langsung tidur agar terlupa dari kejadian hari ini , kecuali kenangan indah bersama ebie .  keesokan harinya saat reno terbangun sudah tercium olehnya bau sarapan pagi yang sangat lezat . tapi ia bingung siapa yang membuat sarapan pagi itu , seketika ia terkejut , ternyata yang membuat sarapan pagi itu adlaah ebie.

Reno segera mendatangi ebie, ebie pun tersenyum melihat reno yang baru bangun . reno pun segera mandi dan bersiap” untuk pergi kuliah bersama ebie . sesampainya di kampus ternyata mereka tidak ada jam kuliah hari ini , dan mereka memutuskan untuk langsung pulang. Setibanya dirumah ebie, mereka berdua berbincang dengan sangat serius, sampai suatu ketika, terlontar suatu pertanyaan ke ebie, apa yang kamu tutupi dariku ? kata reno. Ebie pun terdiam, ebie berifikir jika reno mengethui penyakitnya , reno pasti menjauhi bahkan meninggalkan ebie. Sementara ebie tidak mau hal itu terjadi. Ebei pun dengan tenang menjawab , “tidak ada yang aku tutupi darimu reno” , melihat ketenangan dari wajah ebie, reno pun mempercayainya.

Dengan tidak ada rasa cemas lagi di diri reno, mereka pun malanjutkan hubungan mereka walaupun ebie terus menutupi penyakitnya dari reni hingga 2 tahun kedepan.

Disuatu pagi ebie terbangun dari tidurnya, ia merasa sangat tidak enak badan , dan ia memtuskan untuk beristirahat saja dirumah. Tanpa disadari sudah ada 20 panggilan tak terjawab, dan 10 sms dari reno. Ebie istirahat dengan waktu yang sangat lama , hingga malam barulah ia terbangun, ketika ia terbangun, ia melihat jam disudut kamarnya, ternyata jam telah menunjukkan pukul 23:00 Wib . ebie pun melihat HP nya, dan terkejut mengetahui ada banyak seklai panggilan tak terjawab dan sms yang ternyata dari reno semua. Karena hari telah larut ebie memutuskan untuk tidak menghubungi reno , karena takut menggangu jam istirahat reno.

Keesokan paginya saat ebie mau sarapan bersam dengan keluarganya, tiba” ebie pingsan dan mengagetkan keluarganya. Ebie pun langsung dilarikan ke RS . tanpa diketahui sebelumnya, penyakit ebie sudah makin parah, dan dokter memvonis umur ebie tidak panjang lagi. Ebie pun dirawat di RS selama beberapa hari. Reno yang tidak mengetahui kabar ebie,  sangat khawatir dengan keadaan ebie. Saat reno mendatngi rumah ebie,kelauarga ebie hanya mengatkan bahwa ebie sedang liburan ke luar kota dan tidak mau di ganggu, karena mendengar informasi itu, reno pun sudah mulai membaik dan tidak terlalu khawatir dengan keadaan ebie. Sementara di belakang itu, ebie sedang berperang dengan penyakit yang dihadapinya, ebie juga sudah mulai putus asa dan pasrah dengan penyakitnya .
Sampai suatu saat ebie memutuskan untuk membuat suatu video untuk sang pacar yang sangat disayanginya, sebelumnya mereka sudah sepakat untuk menikahh setelah lulus kuliah nanti, tapi apa daya sepertinya itu hanya bunga tidur untuk ebie.  Dalam video yang dibuat ebie ,, ebie mengatakan bahwa ia sangat menyayngi reno dan tidak akan berhenti menyayanginya sampai tiba saatnya ia dipanggil tuhan. Ketika ebie membuat video itu , tanpa ia sadari air matanya pun menetes dan mengalir ke pipinya. Dalam video itu ebie membuat puisi, isi puisinya adalah :

Kasihku,,,
Aku kini terkulai lemah ,
Aku hanya bisa membayangi wajah bahagia mu
Kini, dibenakku hanya mengaharapkan kamu bisa tersenyum saat aku tertidur untuk selamanya
Kasihku,, jangan pernah meneteskan air matamu ketika hari itu tiba
Tapi, tersenyumlah ketika hari itu tiba
Karena ???
Yang kuharapkan hanya wajah bahagiamu
Walaupun aku melihatnya hanya dari bayang” anganku
Biarkan aku pergi dengan senyuman indah yang terlukis diwajahmu
Dan ketahuilah “akuu sayang kamu”

 Ebie memutuskan untuk mengirim video itu kedalam sebuah CD . setelah reno menerima CD itu ia sesegera mungkin untuk melihat dan mendengarkan isi dari CD itu . air matapun tak tertahan kan oleh reno , tak pernah sebelumnya ia merasakan rasa yang seperti ini . dengan tanpa pikir panjang reno mengambil handphonenya dengan harapan teleponnya diterima oleh ebie, panggilan pun masuk , dan reno mendengar jawaban “ haloo, assalamualaikum” kata kakak ebie, tanpa mikir panjang reno segera menanyakan kabar ebie dan dimana ia berada sekarang , dengan isak tangis dan suara yang gemetar kakak ebie menjawab “ia sekarang berada dirumah sakit  di jogja dan telah mengahadap Allah” . reno terdiam dan  mematikan hp nya , ia langsung keluar rumah dan mencari transportasi untuk ke jogja .

Sesampainya di jogja ia langsung menuju rumah sakit dan mencari ebie . tiba didepan kamar ebie, ia tak sanggup untuk membuka pintunya , karena diluar kamar telah banyak orang yang terlihat . ia terdiam dan mengeluarkan air mata .  dengan langkah kaki yang tak sekuat dan sekokoh dulu ia melangkahkan kakinya menuju tempat tebaringnya ebie , dengan kain putih yang menutupi seluruh tubuh ebie ia termenung dan terjatuh tepat di samping tempat tidur terakhir ebie.  Reno menangis dan berkata “  aku ikhlas engkau pergi dengan senyuman, biee aku tulus sayang dengan kamu , terimakasih telah menemani hariku selama ini “ air mata pun menetes dan membasahi wajahnya hingga mengalir ke wajah ebie. 
Keesokan harinya ebie pun dimakamkan , reno telah mengikhlaskan kepergian ebie, walaupun sangat banyak kenangan yang masih terukir di hati dan ingatan reno . tapi ebie pernah  mengatakan kepada reno “ jika nanti aku pergi aku ingin engkau hapus air matamu dan bukalah  lembaran baru dengan Cintaku  yang tetap bersarang dihatimu “.

Dengan waktu yang lama untuk menemukan pengganti ebie, akhirnya  Reno pun membuka lembaran barunya dan menikahi seorang  gadis yang telah memberinya 1 orang anak , dan gadis ini memilki kepribadian yang sama dengan ebie. Reno hidup bahagia dengan CINTA ebie di istrinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

lhy_lhily mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar